Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya cerai 2021 Medan

Biaya cerai 2021 Medan

Biaya cerai di Medan tahun 2021 di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri ditentukan berdasarkan Keputusan Ketua Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri tersebut.

Terdapat beberapa komponen biaya dalam proses perceraian hingga terbit Akta Perceraian sebagai berikut :

  1. Biaya Panjar Perkara; Adalah biaya yang wajib dibayarkan oleh Pemohon/Penggugat kepada Pengadilan Agama/Pengadilan Negeri agar perkaranya dapat diproses. Biaya ini bisa lebih atau kurang tergantung dari proses persidangan yang berjalan. Apabila terdapat kelebihan maka uang tersebut akan dikembalikan. Rata-rata biaya panjar perkara untuk para pihak yang berdomisili didalam kota sekitar Rp. 700 rb s/d 1,2 juta;
  2. Biaya leges nazegellen surat-surat yang menjadi alat bukti di Pengadilan. Biaya ini biasanya hanya dibebankan pembelian meterai tempel oleh pihak Kantor Pos Besar;
  3. Biaya penerbitan Akta Perceraian di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil;
BIAYA JASA ADVOKAT/PENGACARA
Biaya tersebut tentu belum termasuk tarif pengacara perceraian atau biaya jasa Pengacara/Advokat apabila anda ingin diwakili oleh Pengacara/Advokat.

Tarif Pengacara perceraian atau besarnya biaya jasa Pengacara/Advokat perceraian tidak ada standardnya, baik ditentukan oleh Pemerintah maupun organisasi Advokat/Pengacara. Namun sebagai pegangan biaya jasa Pengacara/Advokat perceraian ditentukan oleh :
  1. Tingkat kesulitan perkaranya;
  2. Kemampuan ekonomi klien;
  3. Kesepakatan para pihak;