Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biaya cerai 2024 Medan

Biaya urus cerai di Pengadilan Agama Medan
Info biaya cerai 2023 di Pengadilan Agama/Pengadilan Negeri Medan

Biaya cerai di Medan tahun 2024 di Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri.

Berapa biaya cerai di Medan sering ditanyakan ke advokatmedan.com melalui telp dan chat whatsapp. Menjawab pertanyaan berapa biaya cerai di Medan, kami dapat sampaikan informasi tersebut dibawah ini.

Terdapat beberapa komponen biaya dalam proses perceraian hingga terbit Akta Perceraian sebagaimana diuraikan dibawah ini.

BIAYA PANJAR PERKARA & LEGES BUKTI.

  1. Biaya Panjar Perkara; Adalah biaya yang wajib dibayarkan oleh Pemohon/Penggugat kepada Pengadilan Agama/Pengadilan Negeri agar perkaranya didaftar dan dapat diproses. Rata-rata biaya panjar perkara tahun 2023 untuk para pihak yang berdomisili didalam kota sekitar Rp. 1 juta. Untuk biaya cerai tahun 2024 di Pengadilan Agama / Pengadilan Negeri sewaktu-waktu dapat berubah sesuai peraturan terbaru. Biaya panjar perkara ini nantinya bisa lebih atau kurang tergantung dari proses persidangan yang berjalan. Apabila terdapat kelebihan maka uang tersebut akan dikembalikan, namun bila terdapat kekurangan maka akan diminta membayar tambahan biaya panjar perkara;
  2. Biaya leges nazegellen surat-surat yang menjadi alat bukti di Pengadilan. Biaya ini biasanya hanya dibebankan pembelian meterai tempel oleh pihak Kantor Pos;
Jadi berapa biaya cerai di Medan bila diurus sendiri tanpa bantuan Advokat/Pengacara, biaya cerai tahun 2023 di Pengadilan di Kota Medan sekitar Rp. 1 jutaan (untuk angka pasti silahkan hubungi loket PTSP Pengadilan). Dalam hal ini anda harus melakukan sendiri pekerjaan-pekerjaan seperti: membuat surat permohonan cerai talak/surat gugatan, mendaftarkan perkaranya, membayar biaya panjar perkara, menerima panggilan sidang, hadir dalam persidangan-persidangan termasuk membuat surat Jawaban, Replik, Duplik, Kesimpulan serta mengajukan bukti-bukti surat dan saksi-saksi.

Bagi anda yang memiliki cukup waktu dan ingin mengurus sendiri perceraiannya di Pengadilan Agama, disarankan anda menggunakan jasa Pengacara untuk membuat Surat Permohonan Cerai Talak (bagi suami yang akan menjatuhkan talak kepada istri) atau Surat Gugatan Cerai (bagi istri yang menggugat suami). Sedangkan bila di Pengadilan Negeri baik suami atau istri yang mengajukan gugatan, keduanya menggunakan istilah yang sama yaitu Gugatan Cerai.


BIAYA JASA ADVOKAT/PENGACARA
Biaya tersebut tentu belum termasuk tarif pengacara perceraian atau biaya jasa Pengacara/Advokat apabila anda ingin diwakili oleh Pengacara/Advokat. Apabila menggunakan Jasa Advokat/Pengacara maka anda akan terbebas dari segala macam urusan persidangan di Pengadilan.

Tarif Pengacara perceraian atau besarnya biaya jasa Pengacara/Advokat perceraian tidak ada standardnya, baik ditentukan oleh Pemerintah maupun organisasi Advokat/Pengacara. Namun sebagai pegangan biaya jasa Pengacara/Advokat perceraian ditentukan oleh :
  1. Tingkat kesulitan perkaranya;
  2. Kemampuan ekonomi klien;
  3. Kesepakatan antara anda dengan Pengacara;
BERAPA ANGKA PASTI biaya cerai apabila menggunakan jasa Advokat/Pengacara kami ? Silahkan hubungi kami dengan senang hati kami akan membantu anda.